Leave a comment

Setelah ESEMKA, terobosan baru… MOTOR MULTIKONTROL


SMK bisa…!!!

Setelah beberapa waktu yang lalu, SMK Patua menjadi gebrakan sebagai mobil hasil rakitan mereka, lagi-lagi SMKN 2 Surabaya terus berlanjut membuat gebrakan baru. Kali ini mereka membuat systm pengendali multikontrol yang bekerja pada sepeda motor. Efisiensi, sepeda motor tersebut dapat dinyalakan hanya dengan menggunakan Handphone. Alat ini dibuat oleh tiga siswa kelas XI dari jurusan Instalasi Tenaga Listrik. Danu Krama, Muhammad Avif, dan Achmad ilham Waes adalah tiga tersebut. Di bawah bimbingan seorang guru yang bernama Jatmiko, Achmad menjelaskan bahwa ada empat systm pengendali yang dipasang pada sebuah motor yang sudah mereka pilih, yaitu Shogun 125. Yang dimaksud sistem pengandali ini adalah HP, mouse, systm touch, dan pemutar musik mp3.

Untuk ketiga systm awal seperti HP, mouse, dan systm touch memiliki fungsi yang sama…sebagai pengontrol untuk menhidupkan dan mematikan motor. Dengan hanya menekan tombol hijau (call) pada HP, sepeda motor tersebut akan bisa langsung menyala, begitu pun sebaliknya…ketika menekan tombol merah (reject), maka secara otomatis sepeda motor tersebut akan mati.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan mouse. Dengan systm yang sama seperti menggunakan HP, ketika mouse di-klik kiri, maka mesin motor pun akan hidup. Sedangkan fungsi tombol klik kanan adalah untuk mematikan mesin motor. Cara kerja yang cukup simple dan mudah ya…?

Pada systm touch, user hanya cukup dengan menyentuh sensor khusus yang diletakkan di bagian tertentu pada motor tersebut. Pada saat disentuh, otomatis akan menghidupkan mesin motor tersebut. Pada systm ini, pengendali adalah pemilik motor itu sendiiri. Ilham memberi paparan bahwa selain pemilik motor tidak akan bisa mengendalikan melalui systm ini.

Tidak hanya systm pengendali, motor tersebut dilengkapi dengan alat pemutar musik. Musik dapat diakses baik secara manual maupun dengan flashdisk. Dengan demikian, pengendara pun juga dapat terhibur dengan adanya alat pemutar musik ini. Danu, salah satu siswa penggagas ide ini dengan gaya bercandanya menyampaikan: “pokoknya bisa untuk hiburan…apalagi ketika sedang berboncengan dengan pacar…”🙂

Jangan khawatir dengan systm ini, takut jika kendaraan Anda dapat diambil alih, atau pun dicuri oleh orang lain yang tidak bertangggungjawab. Selain simple dan mudah, systm ini pun dilengkapi dengan systm pengaman anti maling. Selain pemilik, orang lain tidak dapat mengendalikan systm pengontrol multilontrol ini.

Jatmiko sebagai guru pembimbing mereka ikut berkomentar mengenai systm tersebut. “Sekarang ini, kami berusaha mengevaluasi dan menyempurnakan sistem ini. Biar bisa diproduksi massal dan digunakan oleh masyarakat,”. Bahkan Jatmiko berencana untuk mengembangkan sistem pengendali multikontrol ini pada mobil. “Saat ini masih dalam tahap uji coba. Kami sebenarnya sudah ujikan pada rumah dan mobil. Tinggal menunggu komplain dari pengguna saja, mengenai kekurangan sistem tersebut,” Di sisi lain, Kepala SMKN 2 Surabaya, Bahrun menerangkan, pihaknya sangat bangga dengan potensi dan berbagai karya inovatif siswanya. Bahrun mengakui bahwa ia memang terus mendorong anak-anak didiknya, tak terkecuali guru-guru untuk terus berinovasi. “Yang jelas harus ada inovasi. Tiap tahun harus ada inovasi dan prestasi yang diciptakan,” pungkas Bahrun.

Salut untuk siswa SMKN 2 Surabaya. Wah…buat rekan-rekan bikers yang tertarik dapat mencoba ney…atau mungkin bisa menciptakan systm serupa untuk tunggangan masing-masing? Siiip thok wis…! Thumbs up, guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: