Leave a comment

Tips BBM hemat


Sebentar lagi harga bensin pasti naik, wancana yang di agendakan pemerintah bahwa bahan bakar bersubsidi (Premium) bakal mengalami kenaikan sebesar Rp 1500, yang artinya Bensin Jenis Premium akan naik jadi Rp 6000 per liter. Berhari-hari saya lihat orang-orang berbondong-bondong membeli bensin sebanyak-banyaknya, saya pikir nampaknya mereka mempersiapkan betul harga bbm yang belum naik. Tak hanya kendaraan R2, mobil pun memadati SPBU. Bahkan sebuah mobil Panther memuat beberapa jerigen di pintu belakang, dan diisi full dengan premium. Huft… entah dengan maksud apa.

Dengan demikian, memang akan meringankan, walaupun sedikiiiiit, hehehe… Namun lebih baik kita juga mempersiapkan beberapa amunisi guna menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Oleh karena itu mari kita sharing bersama yuk…

Langsung aja deh liat dibawah ini :

1. Melakukan perawatan berkala setiap 2.000 km.
Penting sekali untuk merawat bagian-bagian seperti filter udara, karena bensin akan dibersihkan di samping menyetel ulang pengapian dari mesin. Agar bensin hemat, maka penyetelan campuran udara dan bensin yang homogen sangat penting.

2. Perhatikan gerak bebas dari kopling. (untuk yang pakai kopling)
Kopling yang “nyetut” tidak meneruskan putaran mesin dengan baik. Coba mesin dihidupkan kemudian masukan transmisi ke gigi satu. gerakkan kopling sampai rapat kemudian lepaskan. Perhatikan sampai jarak berapa dari stang motor mulai bergerak.
Yang baik, sekitar 50% dari jarak yang ada.

3. Kemudikan motor secara benar karena mengemudi yang benar bisa menghemat bensin sampai 15%.
gerakkan gas dengan cara halus, tidak “kaget-kaget”.
Pada mesin yang menggunakan RPM meter, usahakan RPM tidak melewati 50%.
Atau pertahankan kecepatan motor lebih sering pada antara 50-70 km/jam. Pada kecepatan di atas 70 km/jam,
pindahkan ke gigi paling atas.

4. Cek tekananan.
Tekanan ban juga mempengaruhi,..tekanan ban yang kurang dapat mengakibakan motor/mobil kita larinya berat sehingga membuat bensin kita boros.

5. Cek kondisi roda.
Kondisi roda motor dan mobil juga harus baik dan tidak ada hambatan, pergerakan roda yang berat biasanya dikarnakan velk tidak center,bearing roda aus, kurangnya pelumas pada rantai, dll.

6. Atur jarak rem.
Rem yang menempel dapat membuat roda kita berat nih bro saat berjalan, atur rem jangan terlalu rapat. Biasakan kaki kamu tidak menekan terus-menerus pada pedal rem kendaraan kamu yah…

7. Gunakan rem mekanik untuk menghentikan laju motor

usahakan jangan gunakan rem dari putaran mesin, misal dengan memindahkan gigi ke bawah saat mengerem.

8. jangan sering ngerem. Ini juga berkaitan dengan kestabilan gas.

Gimana yah biar ngga keseringan ngerem? Pertama, asah terus keterampilan menghindari lubang dan benda-benda lain yang menghalangi jalan, ini butuh pengalaman dan fokus. Kedua, hindari jalan macet

9. Pelumas.
Pelumas yang baik akan mampu membuat mesin lebih optimal sehingga lari motor lebih cepat namun hemat bensin, ganti pelumas secara rutin jangan melebihi batas service yang dianjurkan sehingga mesin terjaga dan putaran mesin tetap top.

10. Busi.
Busi juga penting untuk diperhatikan…jangan sampai diselimuti kerak, pada umumnya pemakaian busi efektif sekitar 6000-7000km jika sudah memenuhi syarat penggantian segera ganti aja sesuai spesifikasi yang di anjurkan.

11. Service dan check karbulator.
Service kalbulator untuk membersihkan kotoran yang dapat menyumbat saluran bensin,setel ketinggian pelampung,skrup udara atau pilot air screw kalau dilakukan tepat maka konsumsi bensin menjadi irit.

12. Filter karburator.
Selalu bersihkan filter kalburator,untuk filter jenis viscous element jika debu sudah cukup tebal ganti aja karna filter jenis ini jika dibersihkan dengan angin bertekanan akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debunya.

13. Gunakan alat penghemat bensin sistem magnetik

sistem ini mudah dibuat sendiri dengan menggunakan bekas magnet dinamo mainan (tamiya).
untuk lebih jelasnya cara membuat alat penghemat bensin sistem magnetik, anda dapat mencari infonya lewat google.
alat penghemat bensin sistem ini bisa menghemat bensin antara 5 sampai 10 %.

14. Jangan menggeber-geber gas

Mainkan gas dengan tarikan halus dan stabil. Let’s show…kalau kita bukanlah bikers yang ababil😀

15. Panaskan motor cukup 1 menit, ngga perlu lama-lama

Jangan kuatir nggak panas, motor-motor sekarang udah didesain lebih canggih, dipanasin semenit udah tokcer kok. Malah kalo lama-lama knalpot jadi merah dan jadi cepet kropos karena kepanasan. Sistem pendingin pada mesin motor akan bekerja saat motor dijalankan. saat motor diam, pendingin tidak bekerja.

Nah itu tips sederhana menghemat BBM, pada inti nya bikin motor kita seringan mungkin hindari pemakain aksesoris berlebihan dan tidak lupa jangan hanya motornya aja pengendaranya juga harus diperhatikan, cara berkendara yang tidak benar selain merusak motor juga bikin boros bensin, so santai aja bro jangan kebut-kebuatan, kendaraan lebih terawat dan BBM pasti lebih irit. (taken also from some source)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: