2 Comments

Tips Memilih Sepatu untuk BikerS


Untuk memilih sepatu biker tentunya untuk touring sangat perlu dilakukan demi menghindari dampak yang lebih parah pada cedera bagian kaki yang sangat penting bagi kita semua, untuk itu saya akan berbagi informasi tentang sepatu touring yang baik ada beberapa hal yang perlu dipelajari hal2 yg behubungan dengan pemilihan sepatu touring:

1. Safety

Untuk sepatu touring ada 3 bagian safety yaitu bagian mata kaki (angkle), Tulang kering (bone shine), Jari kaki (Toe slider), 3 hal tersebut merupakan standar safety untuk sepatu motor.

2. Kenyaman

Untuk sepatu touring sebaiknya bertype tinggi dan diatas mata kaki sehingga usahakan tinggi sepatu ada di atas mata kaki baik sampai betis atau lebih baik di bawah lutut, sekalian menjaga keamanan sepatu touring juga akan nyaman karena akan terasa hangat saat touring malam hari.

Sepatu dengan teknologi riset yang baik akan mengahasilkan kenyaman seperti mengunakan lapisan goretex atau 3M Thinsulate akan memberikan rasa nyaman dan tidak panas karena mempunyai membran melepaskan panas dan meredam panas.

3. Desain

Bentuk keseluruhan. Sepatu harus menutup seluruh bagian kaki mulai dari ujung jari kaki hingga ke tulang kering dan ada bagian engkel harus berbahan lentur agar tidak kaku seperti lipatan lekukan di depan dan belakang sehingga mengurangi resiko pegal.

4. Kuncian

Pengikat atau kuncian yang terbaik menggunakan velcro dan resleting. Pengikat tali, seperti pada sepatu olah raga, beresiko tali tersangkut pada bagian sepeda motor yang berputar (rantai, ban, sprocket). Selain itu pengikat menggunakan resleting lebih kuat dan velcro akan membantu sekaligus menutup resleting untuk menghindari masuknya air ke dalam sepatu

5. Size

Untuk sepatu ridding biasanya akan lebih nyaman bila kita melebihkan ukuran yang biasanya 41 pakailah 42 agar tidak begitu kaku dan pegal ketika ridding.

Setelah kita memilih berbagai ukuran dan modelnya, cara terbaik untuk memutuskan mana yang akan kita pilih adalah dengan mencoba sepatu tersebut. Saat mencoba sepatu, jangan mengandalkan ukuran sol sepatu yang umum atau berpatokan pada nomor yang biasa kita pakai jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena kemajuan teknologi, sehingga dapat diciptakan material yang anti air, berpori, kuat dan elastis, yang menyebabkan harga sepatu tersebut menjadi mahal. Tetapi akan lebih mahal, apabila terjadi sesuatu pada kaki kita karena tidak menggunakan sepatu yang benar agar tidak seperti ini.

Memilih sepatu tour boot atau rider boots  untuk touring bukan hanya sekedar memakai motor racing shoes untuk kemanan supaya saat menginjak tuas “gigi” tidak sakit atau saat ngerem bisa pakem. Mungkin alasan ini juga ada baiknya, tetapi tidak semudah itu jika kita akan melakukan touring ada beberapa hal yg perlu di perhatikan. Mari kita telaah dan pelajari hal-hal yang behubungan dengan pemilihan sepatu tour boot atau rider boots untuk touring

Untuk

Kenyamanan
Pilih motor racing shoes yang terasa nyaman di kaki. Tak peduli betapa menariknya model racing shoes atau riders shoes  itu, jika tak terasa nyaman saat dipakai, sudah pasti Anda tak akan memakainya lagi. Dan, sungguh sayang jika barang itu tak terpakai, padahal Anda sudah mengeluarkan uang. Untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan racing shoes atau riders shoes yang diinginkan, pastikan telah mencobanya saat berada di toko.

Ukuran kaki
Jangan dikira ukuran kaki tidak berubah setelah dewasa. Menurut penelitian, makin hari ukuran kaki seseorang bisa berubah. Cek ulang ukuran kaki Anda minimal dua kali setahun.
usahakan racing boots untuk touring ukuran racing boots standart di lebihkan 1-2 nomor, sehingga tidak terasa kaku saat mengendarain kendaraan.

Beli setelah beraktivitas
(Ukuran) Kaki bisa berkembang tergantung pada aktivitas. Usahakan membeli sepatu motor racing boots ketika kaki dirasakan sedang dalam ukuran terbesarnya.

Model sepatu
Sedikit hal yg membedakan sepatu motor racing boots touring dengan sepatu yg lain adalah tinggi sepatu, usahakan tinggi sepatu ada di atas mata kaki baik sampai betis atau lebih baik di bawah lutut. sekalin menjaga ke amanan sepatu touring juga akan nyaman karena akan terasa hangat saat touirng malam hari.

Jangan langsung merasa enak.
Jangan langsung jatuh hati pada sepatu yang ingin Anda beli hanya dengan mencobanya di depan cermin. Pakai dulu berjalan atau berlari di sekitar toko biar betul-betul enak memakainya saat berolahraga.
Bawa kaos kaki.
Karena kaos kaki menyempurnakan kenyamanan memakai sepatu, bawa kaos kaki yang biasa Anda pakai sehingga sepatu yang dijajal di toko pas dengan yang akan Anda pergunakan.
Hak Sepatu
Usahakan hak sepatu jangan terlalu tinggi, karena akan berpengaruh saat kita menginjak foot step, jangan sampai hak nyangkut saat kita menurunkan kaki (memberi tanda/berhenti)

Money doesn’t lie.
Kebutuhan dan anggaran setiap orang untuk membeli sepatu pasti  berbeda-beda. Tapi percaya deh, barang yang harganya Rp 150 ribu tentu berbeda kualitasnya dengan yang Rp 500 ribu.

Karet tambahan
Jika mengendarai motor model sport, biasanya memindahkan “gigi” dengn cara di cungkil, usahakan sepatu tersebut terdapat karet di sepatu kiri. jika tidak sapatu mudah rusak karena goresan dengan tuas persneling ditambah lg oleh karet tuas yang sudah rusak. selain itu menggunakan karet supaya saat memindahkan persneling tidak slip/licin.

Banyak bikers memang dibuat pusing dalam memilih racing shoes kerja bila sehari-hari ia mengendarai motor. Apalagi dengan kondisi jalan yang basah. Bagi orang yang bekerja di kantoran, keadaannya lebih rumit lagi. Ia harus memakai sepatu kerja yang pantas alias sopan, tapi cukup bisa dipakai di jalan.

Kenyataan ini membuat pemilihan motor racing boots yang bisa memadukan antara kerja dan berkendaraan (motor) menjadi penting. Memakai sepatu formal dari kulit sangat problematis. Memang anda bisa langsung masuk kerja tanpa harus bersulih sepatu. Namun sepatu kerja jenis ini akan lebih cepat rusak akibat sol-nya akan banyak bergesekan dengan aspal atau benda-benda lain di jalan seperti trotoar, kendaraan lain, dan sebagainya. Belum lagi jika hujan, terpaksa basah dan memudahkan proses pelapukan. Di samping itu, tentu penampilan necis sepatu tersebut tidak lama bertahan. Akan terbentuk banyak goresan akibat pemakaian sepatu bukan peruntukannya.

Anda bisa memilih alternatif berupa safety racing boots atau yang kondang disebut rider boots proyek. Motor racing shoes jenis ini didesain sebagai tour boot yang tahan terhadap kondisi ekstrim tertentu. Riders shoes proyek memiliki rumus demikian: Tingkat keamanan penggunaan motor racing shoes berbanding terbalik dengan tingkat kepraktisan dan kenyamanan rider boots. Anda bisa memilih tour boot dari yang paling safety seperti anti api, anti air, dan riders shoes anti slip. Tapi untuk kemampuan semacam ini anda harus membeli motor racing boots proyek yang lebih mahal dan kurang nyaman. Bagi anda yang berkendara di jalan yang ekstrim atau bekerja outdoor, racing boots akan lebih melindungi. Namun jangan salahkan jika racing shoes lebih berat setelah anda turun dari motor dan harus melangkah dengan kaki sendiri. Sebaliknya, sepatu proyek yang nyaman bisa anda tebus dengan harga lebih murah. Sepatu jenis ini biasanya hanya melindungi anda dari bahaya slip dan anti air dalam kadar lebih kecil. Namun karena lebih nyaman dan modelnya lebih necis, sangat tepat untuk dipakai di kantor dan kegiatan indoor lainnya tanpa banyak mengurangi kemampuannya dalam berkendara.

Lantas bagaimana ia membantu pengendalian berkendara? Tidak mengecewakan. Sepatu proyek didesain memiliki sol dan hak. Bagian ini membuat posisi kaki terutama di tumit lebih tinggi. Sangat nyaman untuk pengereman dan pemindahan gigi percepatan. Lazimnya motor sport sistem cungkil, posisi kaki yang agak menjinjit sangat nyaman dengan sepatu ini. Posisi kaki untuk melakukan pengereman lebih baik. Tumit yang lebih tinggi berarti kaki tidak capek dibandingkan jika posisi kaki rata atau ujung kaki lebih tinggi. Juga membuat pengereman lebih terkontrol karena tidak ada daya menekan lazimnya jika posisi kaki rata atau ujung kaki lebih tinggi.

Nah, musim hujan akan segera tiba. Tak ada salahnya memilih sepatu alternatif yang lebih cocok untuk bikers. Cocok di kantor, cocok di kantong, cocok di kendaraan. Selamat mencoba!!!

2 comments on “Tips Memilih Sepatu untuk BikerS

  1. bermanfaat sekali informasinya.. terima kasih sudah berbagi..semoga tambah sukses dan berkah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: