14 Comments

TreNd Shock Depan BySoN


Akhir-akhir ini shock braker depan milik Yamaha Byson banyak dijadikan pilihan modifikasi kendaraan R2. Beberapa pemikiran menjadi alasan, dan yang terutama karena diameternya yang lebih besar jika dibandingkan dengan milik motor lain. Dengan diameter 41 mm, hingga saat ini shock depan Byson masih dianggap paling gedhe untuk motor lokal, khususnya tipe sport seperti Honda MegaPro, GL, CB, Yamaha Vixion, Scorpio, Binter Mercy, hingga Triumph dan lain-lain. dibandingkan dengan shock Ninja 250R aja, shock ini masih lebih besar.

Keunggulan lainnya terletak pada sisi harga. Jauh lebih murah jika dibandingkan dengan shock braker limbah moge. Menurut Onny Widiyana, modifikator asal Three Monkeys Engineering Semarang, emang sich jika hanya mengejar tampilan aja, shock Byson sangat cocok. Hanya saja kualitas materialnya kurang bagus. 

Harga shock Byson berkisar Rp 1,8 juta yang sudah termasuk shock dan T bawah, sedangkan untuk T atas terjual terpisah dengan harga kisaran Rp 75 ribu.

Pemasangan shock pada masing-masing motor tentunya tidak langsung pasang seperti layaknya shock asli motor tersebut yang biasa disebut dengan plug and play. Ada beberapa rambu yang harus diperhatikan agar shock inji bisa terpasang dengan baik.

Pertama, as komstir harus diganti sesuai dengan motor yang digunakan. Kalau pakai CB yah tinggal menyesuaikan dengan as komstir milik CB…itu paparan dari Cak War, punggawa dari War Modified asal Surabaya.

Selain itu, hal yang harus dipertahankan pada shock Byson ini ada pada sudut belok, shingga tidak bisa selebar shock bawaan motor aslinya. Setang pun bakal menyentuh tangki lantaran bentuk tangki motor yang akan dimodif tersebut berbeda dengan bentuk tangki Byson. Itulah mengapa tangki Byson dari pabrikannya dibuat sedikit mundur ke belakang, sehingga setang masih aman.

Hal ini masih bisa diatasi dengan memberikan solusi supaya sudut bisa seperti bawaan motor. Potong stopper yang di tengah pada bagian sisi kanan dan kiri. Namun, untuk mencegah terjadinya patah, sebaiknya menambahkan ketebalan besi di bagian sisi atas stopper.

Berbeda lagi untuk yang pengen menerapkan T custom. Biasanya ini dipakai pada modifikasi motor untuk mengejar tampilan shock lebih gedhe. Mengganti T bawaan motor dengan T custom, cuman…masih perlu diperhatikan jika misal ketebalan 3 cm musti melubangi sisi bagian bawah T, agar tidak terlalu berat karena ternyata shock Byson ini mudah bengkok. (Source: Otoplus, dll)

14 comments on “TreNd Shock Depan BySoN

  1. Bisa Bagi Alamat Yang jual2 Limbah Moge Bysaon Gak ?

    • untuk toko khusus…setau kami sich blom ada. biasax kami support bengkel rekan2 MAPRAS maupun club lainx smacam Tiger, dll yg sama2 motor sportx. nah…tinggal bgmn qt bs nitip n lobbying aza, bro

  2. mas bro..
    ada yang mengganjal dipikiran saya.. mohon pencerahan dan ilmunya ya..
    up side down nya byson itu apa muat untuk velg lebar 3.50 inch + ban 110/7-17 kah? up side downnya keliatan lebih lebar antara jarak shock 1 sama shock lainnya daripada up side down ori nya vixion misalnya, tapi muat gak ya kalo pake velg + ban ukuran itu tuh?

    makasii mas buat pencerahannya

    • untuk muat tidakx… kalo secara mekanisme, smua bisa diatur, bro… tinggal bagaimana kamu mnyampaikan k mekanik pilihan kamu. susah memang untuk menyamakan persepsi, krn masing2 personal pny misi berbeda2 dalam memodifikasi tungganganx.
      nah…maksud kami begini…
      contoh kasus saja:
      ketika ban 130/70 dgunakan d motor MegaPro Primus, pasti ada bagian yg saling bgesekkan, misalkan ban dgn rantai. ini bs diminimalisir dgn cara mberikan converter sederhana setebal bbrp mm-cm shg rantai tdk bgeser pada ban.

  3. bro ane masih bingung, cara masang shok byson di tiger, apa aja yang harus diubah. so shok ane masih standard..

  4. mas bro ane masih bingung. apa aja yang di ubah jika make shock byson ke tiger, kbetulan tiger ane masih standard

  5. ada shock byson copotan mau dijual ndak yah?

  6. untuk tromol bisakah pakai punya tiger?dan untuk as roda tiger kan lebih kecil dari pada byson. mohon pencerahannya.terima kasih

    • kalau mau pakai tromol Tiger, sayangnya rodanya jg harus seukuran🙂 dan untuk lebih jelasnya pngaplikasian shock Byson pada Tiger, boleh sharing tuch dengan rekan2 dr TMC (Tiger Motor Club) krn pasti mreka lebih berpngalaman untuk modifikasi motor Tiger🙂

  7. Numpang share pengalaman pribadi ane ya.
    ane pake macan 2000 modif japstyle. Pake shock byson. As stir ori byson diganti sama as stir bawaan si macan. ane pake teromol RX-King pake ban ukuran 120/70 masih banyak space alisa gak gesek ban depan. belakang ane pake arm custom, teromol RX-King ban 160/60 terus pake rumah gear belakang MX alhamdulillah ban gak gesek ama rante. gak perlu bikin adapter/bracket lagi.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: