1 Comment

Sejarah Mapras

LATAR BELAKANG BERDIRINYA

MEGA PRO ASSOCIATION SURABAYA

 

Pada pertengahan tahun 1990 HONDA Astra Indonesia menghentikan memproduksi HONDA GL – PRO neotech dan mengeluarkan produk baru HONDA Mega – PRO dengan model Touring Sport mesin 160 cc yang sekilas modelnya sama dengan HONDA Tiger mesin 200 cc. Spesifikasinya hampir sama dengan HONDA Tiger, yaitu komponen mesin semi HONDA Tiger, lampu depan, lampu retting, shock becker depan, disk brake, dan speedometer. Dalam organisasi otomotif di Surabaya, ada club otomotif yang merupakan club Honda GL (GLAS), baik GL – MAX maupun GL – PRO kelas mesin 125 – 160 cc. HONDA Mega – PRO tidak dapat ikut menggabungkan diri sebagai anggota walaupun mempunyai kelas mesin 160 cc, karena bentuk dan feature HONDA Mega – PRO lebih mirip dengan HONDA Tiger. Sedangkan dalam Tiger Motor Club (TMC) Surabaya, HONDA Mega – PRO juga tidak dapat menggabungkan diri walaupun bentuk dan spesifikasinya hampir sama, ini dikarenakan adanya perbedaan kelas mesin di mana HONDA Tiger 200 cc 6 speed sedangkan HONDA Mega – PRO 160 cc 5 speed (sama dengan HONDA GL – PRO neotech). Jadi dengan demikian, HONDA Mega – PRO merupakan gabungan antara HONDA GL – PRO neotech dengan HONDA Tiger. Gagasan untuk mendirikan club otomotif HONDA Mega – PRO tercetus oleh Wahyu Irawan (Iwan) dan Wendik (anggota GLAS). Saat itu, untuk pertama kalinya club ini beranggotakan 4 orang, yaitu Iwan, Wina, Harry, dan Ferry.

Nama Organisasi: “MEGA PRO ASSOCIATION SURABAYA” disingkat  MAPRAS. Logo dan simbol dari club MAPRAS adalah lambang burung seperti lambang pada speedometer. Club ini berkumpul pada hari Sabtu malam minggu pukul 21.00 di depan dealer HONDA RAMAYANA Jl. Basuki Rahmat Surabaya. Seiring dengan waktu, dalam 1 bukan club ini mendapat antusias dari arek-arek Suroboyo, arek Delta Sidoarjo dan arek Gresik, yang semula beranggotakan 4 orang berkembang menjadi 50 anggota. Pada tanggal 26 Mei 2002 diadakan Touring pertama kali dari Surabaya – Malang – Batu yang berjalan lancar sesuai dengan rencana. Sejak saat itulah tanggal 26 Mei 2002 dijadikan sebagai hari jadi club MAPRAS Surabaya sebagai organisasi motor HONDA Mega – PRO pertama di Indonesia yang nantinya kerjasama dan rasa persahabatan dengan club-club otomotif lain, baik di Surabaya maupun di daerah lain.

One comment on “Sejarah Mapras

  1. Salam hebat buat dolor2 Mapras.
    Jg lah ke kompakn dalm Club mapras jgn sampai ada kata2 sakit buat anak2 baru/fres member.
    Mapras jiwa hati yg bakal hidup sampai kapan pun.
    Maaf bila ada salh kata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: